Khasiat Tanaman Kumis Kucing

Posted by Unknown Saturday 1 February 2014 0 comments

"Khasiat Tanaman Kumis Kucing"

 

Dalam pembahasan kali ini saya akan sedikit menjelaskan atau berbagi pengetahuan tentang pengobatan herbal bagaimana cara mengetasi infeksi saluran kencing dengan tanaman kumis kucing.

Tanaman kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis kemudian menyebar lewilayah Asia dan Australia. Tanaman ini dikenal banyak istilah di Inggris dikenal dengan nama kidney tea plants, disumatra dikenel dengan sebutan Giri-giri marah, kemudian di Madura dikenal dengan istilah songot koneng.

Kumis kucing biasanya tumbuh subur dengan liar di tanah yang lembab sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan laut.Ciri khas tanaman ini ada pada kelopak bunganya yang berkelenjar urat dan pangkalnya berbulu pendek helai daun berbentuk bundar/lonjong meruncing dan bergerigi. Ukuran daun 1-10cm urut daun sepanjang pinggir berbulu tipis/gundul, kedua permukaan berbintik karena adanya kelenjar yang banyak, panjang tangkainya 7-29 cm dan tinggi batang sampai 2meter.

 

Bunga bibir, dengan mahkota bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung. Cabang bunga dibagian atas ditutupo bulu pendek berwarna ungu kemudian menjadi putih. Ukuran putih lebih panjang tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat tua/gelap, panjang 1,75-2mm. Gagangnya berbulu jarang dan pendek.

 

Senyawa yang ada pada kumis kucing sendiri antara lain: Orto sifonin, garam kalium, saponin, tanin dan lain-lain. Kandungan / senyawa tersebut yang dapat membantu mengurangi infeksi saluran kencing atau sering disebut anyang-anyangen. 

 

        *). cara mengobatinya adalah:

Sediakan daun kulis kucing segar dan bersih tambahkan meniran. Untuk masing-masing takaran 30 gram. Lalu rebus, air hasil rebusan diminum. Lakukan terus menerus 1x sehari sampai sembuh.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Khasiat Tanaman Kumis Kucing
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://budim303.blogspot.com/2014/01/khasiat-tanaman-kumis-kucing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment